Kamis, 16 Mei 2013

Hubungan Internal Karyawan (MSDM) 2 Mei 2013

HUBUNGAN INTERNAL KARYAWAN dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Adalah aktifitas manajemen sumber daya manusia yang berhubungan dengan perpindahan karyawan dalam satu perusahaan/organisasi. Antara lain:
  1. Mutasi = perpindahan dari satu bagian ke bagian yang lain yang masih sama posisinya. Knapa kok ada mutasi? Karena :
  • Atas keinginan tenaga kerja itu sendiri.
  • Mutasi atas kebijakan manajemen. Mutasi ini harus dilakukan pendesainnan untuk menyesuaikan dan kecocokan karaktteristik tenaga kerja.
  • Karena permasalahan yang muncul terlalu komplek antara lain: tingkat pendidikan yang meningkat, pengetahuan yang semakin luas, angkatan kerja semakin heterogen, kesadaran akan hak bertambah, struktur keluarga mengalami perubahan, penerimaan orang terhadap kekuasaan tradisional berkurang, lebih banyak waktu.
  1. Promosi = perpindahan tugas tapi posisi semakin tinggi. Dasar promosi karena patut dan siap menerima tugas yang lebih tinggi. 
  2.  Demosi = Perpindahan tugas tetapi posisi makin turun.
  3.  Pemberhentian = pegatan artinya sudah lepas hubungan kerja yaitu mati, usia pensiun (terhormat) dan secara tidak hormat. Pemberhentian bisa dilakukan atas keinginan perusahaan dan keinginan karyawan. Perusahaan bisa memberhentikan karena tidak cakap dalam masa percobaan, alasan mendesak seperti dokumen palsu yang diberikan karyawan, sering mangkir dan tdak cakap, karyawan tersebut ditahan oleh negara, sakit yang berkepanjangan, karena usia lanjut, gulung tikar (bangkrut). Berhenti karena keinginan karyawan seperti merasa tugas yang diemban tidak sesuai, alasan mendesak seperti karna lama tidak digaji, pekerjaan dirasa membahayakan bagi dirinya, tidak mau menerima pimpinan baru, sebab2 lainmisalnya hubungan kerja putus karena hukum.
    Hal lain yang penting dalam hubungan internal ini yaitu uang pesangon, uang ganti rugi, jasa, dll.
ALASAN MUTASI 
  1.  Mutasi dilakukan karena  peraturan
  2. Mutasi dilakukan karena sesuai kemampuan pekerja
  3.  Untuk meningkatkan moral kerja.
  4. Bisa menjadi media kompetisi yang rasional.
  5.  Mutasi sebagai langkah prommosi (kenaikan tingkat) .
  6. Untuk mengurangi kebosanan kerja. http://www.unej.ac.id/index.php/id/

0 komentar:

Posting Komentar